Power Rangers Mighty Morphin (Power Ranger Pertama) Generasi 90 Merapat!


Disini saya mau membahas masa kecil kita lagi ya, saya mau membahas Power Rangers(Bukan Super Sentai) jadi yang saya bahas cuma adaptasi dari film amerikanya aja, bukan yang jepang. generasi 90 sudah tidak asing lagi dengan film ini, apalagi soundtrack yang tidak bisa lekang oleh waktu.



Mighty Morphin Power Rangers  (1993 - 1995)

Power Rangers Mighty Morphin adalah serial terpanjang yang pernah terjadi di power ranger, total episodenya hingga 145 episode! wow, sungguh serial yang sangat diminati anak-anak pada waktu itu. saya sempat membaca di situs power rangers, kini power rangers sudah ada 16 musim(16 Judul Power Ranger berbeda) tetapi yang saya nonton hanya sampai 9 saja dan saya ingat terakhir saya menonton power rangers saat saya kelas 4 SD, huh saya sudah duduk di bangku kuliah sekarang! bukankah itu sudah sangat lama sekali!?

Season 1 (1993)

Inilah Power Rangers yang pertamakali tayang mengadaptasi Super Sentai series Kyōryū Sentai Zyuranger. Meskipun dari segi kostum, monster, dan robot yang sama tetapi memiliki alur cerita yang berbeda. Nah disitulah letak menariknya. Ceritanya kurang lebih tentang 5 orang remaja yang dipilih untuk menjadi pelindung bumi dari monster-monster jahat yang dipimpin oleh Ratu Jahat Rita Repulsa. Monster-monster jahat yang bermarkas di bulan ini, berhasil lolos dari penjara ketika dua orang astronot mendarat di bulan secara tidak sengaja membukanya. Nah, saat itulah Zordon memilih lima orang remaja dari Kota Angel Groove untuk dijadikan Power Rangers, mereka adalah Jason, Zack, Kimberly, Billy, dan Trini. Masing-masing mempunyai kekutan dan Robot yang disebut dengan Zord dari binatang-bintang purba. Ketika Zord ini bergabung jadilah Megazord.
pada sebuah misi eksplorasi dua astronot tanpa disadari menemukan sebuah wadah luar bumi (disebut sebagai tempat sampah sebagai hasil dari bau nya) dan pelanggaran unit, secara tidak sengaja melepaskan alien jahat penyihir Rita Repulsa dari 10.000 tahun kurungan. Setelah dibebaskan, dia dan pasukannya dari makhluk luar angkasa jahat mulai mengubah pandangan mereka menaklukkan planet terdekat: Bumi. Ketika orang bijak menjadi bijak Zordon sadar akan rilis penyihir jahat dia bertanggung jawab untuk menangkap begitu lama lalu, ia memerintahkan asisten robot nya Alpha 5 untuk memilih lima "remaja dengan sikap" untuk mempertahankan Bumi dari serangan Rita. Kelima remaja yang dipilih adalah Jason Lee Scott, Kimberly Hart, Zack Taylor, Trini Kwan, dan Billy Cranston. Zordon memberi mereka kemampuan untuk berubah menjadi kekuatan tempur hebat dikenal sebagai Power Rangers, menyediakan mereka dengan gudang senjata yang mereka miliki, serta mesin serangan kolosal yang disebut Zords, yang dapat menggabungkan ke Megazord perkasa.lalu rita yang berulang kali kalah dari rangers akhirnya mencari cara baru untuk menghadapi ranger lalu ia mencuik seorang mahasiswa yang bernama tommy oliver dan dipaksa menjadi anak buahnya ia ditufgaskan untuk menjadi green rangers untuk menghadapi rangers dengan kekuatan rita yaitu rita swords of darkness namun jason berhasil menyadarkankannya tommy dan menjadikannya sekutu rangers

Cerita menjadi menarik ketika muncul karakter Tommy, Ranger hijau jahat ciptaan Rita. Power Rangers berhasil dikalahkan, markas mereka dibuat kacau, dan Jason tertangkap, serta Megazord juga berhasil di tumbangkan. Keadan semakin parah ketika Tommy si Ranger Hijau jahat mempunyai Zord yang bernama Dragon Zord. Tetapi pada akhirnya Tommy berhasil disadarkan, dan bergabung dengan ke lima Ranger untuk menumpas kejahatan.
Season 2 (1994)
Pada session 2, Power Rangers mempunyai kekuatan baru yang berasal dari Petir (Thunder). Muncul pula musuh baru yang lebih kuat Lord Zedd. Bagaimana nasib Rita yang gagal menguasai bumi? Rita dikembalikan ke penjara oleh Zedd, namun pada akhirnya Rita berhasil keluar kembali dengan memperdaya Zedd dengan menjadi istrinya dan bersama-sama menghancurkan para Ranger.
lord zedd datang ke istana rita karena rita gagal mengalahkan rangers dan membuangnya di tempat samapah lagi lalu ia harus turun tangan untuk menghadapi rangers . dan untuk menghadapi kekuatan lord zedd zordon dan alpha 5 mengubah dinozord menjadi thunder zord dan rangers hijau diminta untuk membantu rangers yang lain namun lord zedd memgambil kekuatan ranger hijau dengan kristal hijau dan membuat tommy kembali ke wujud manusia . demi membantu rangers alpha dan zordon meberi tommy kekuatan rangers putih dan tiger zord namun di tengah kembalinya tommy menjadi power rangers rita kembali muncul di bumi dan bersatu dengan zedd demi menghancurkan rangers dan memberi ancama besar bagi bumi dan dunia .

Tommy yang semula Ranger Hijau, di Session 2 hadir dengan kekuatan baru, yaitu Ranger Putih. Dengan kekuatan yang baru, para Ranger juga memiliki zord yang baru yaitu Thunder Megazord dan Tigerzord. Season 2 ini merupakan adaptasi dari Super Sentai series Gosei Sentai Dairanger.


Season 3 (1995)
Migthy Morphin Power Rangers season 3 merupakan adaptasi dari Super Sentai series, Ninja Sentai Kakuranger. Masih dengan musuh yang sama seperti di season sebelumnya yaitu Lord Zedd dan Rita Repulsa. Kalau mau lihat Power Rangers dan Masked Rider bertemu dan bergabung, ya di season 3 ini. Masked Rider muncul di episode awal, yaitu saat Para Ranger datang ke Planet Edenoi, planet asal Alpha. Masked Rider adalah pahlawan super adaptasi dari Kamen Rider Black RX atau kalau di Indonesia lebih dikenal dengan Ksatria Baja Hitam RX.

Di season 3 ini muncul pula musuh baru Rito Revolto (adik Rita) yang berhasil menghancurkan Thunder Megazord dan Tigerzord. Dan karena itulah para rangers harus mencari dan mendapatkan sumber kekuatan baru, yaitu kekuatan ninja dari Ninjor (pencipta power coins). Setelah mendapatkan kekuatan baru, para Ranger mempunyai zord baru pula.

Di akhir season, hal yang mengejutkan terjadi, para ranger berubah menjadi anak-anak. Kok bisa? Hal itu disebabkan oleh the Orb of Doom yang diaktifkan oleh Rito adik Rita. Meskipun para ranger berubah jadi anak-anak tetapi mereka masih ingat bahwa mereka adalah power rangers. Tetapi kekuatan ranger tidak bisa digunakan lagi. Sequel Power Rangers kemudian berlanjut ke series Mighty Morphin Alien Rangers.
















Posting Komentar

0 Komentar